Pola Desain UI yang Perlu Anda Ketahui!

Pola Desain UI yang Perlu Anda Ketahui!

Pola Desain UI yang Perlu Anda Ketahui! Mengungkap pola desain UI kunci untuk pengalaman pengguna yang optimal! Pelajari kartu (cards), menu hamburger, tombol floating action, dan lainnya.

Desain UI adalah dasar utama untuk pengalaman yang menarik dan fungsional dalam aplikasi atau situs web. Dalam artikel ini, kita eksplorasi beberapa pola desain efektif seperti kartu, menu hamburger, tombol floating action, yang menjadi kunci untuk antarmuka yang menarik dan efisien.

Pola Desain UI

1. Kartu (Cards)

Pola desain kartu telah menjadi favorit dalam pengembangan UI karena kemampuannya dalam menyajikan informasi secara terstruktur dan menarik. Kartu memfasilitasi pengguna untuk dengan mudah memahami dan memilah konten dengan tata letak yang teratur. Penggunaan kartu sangat umum di berbagai konteks, mulai dari jejaring sosial hingga aplikasi e-commerce. Dengan kemampuannya menyajikan informasi secara singkat namun komprehensif, kartu memicu minat pengguna untuk menjelajahi lebih lanjut konten yang disajikan.

2. Menu Hamburger

Mengikuti tren minimalistik dengan menggunakan menu hamburger, yaitu simbol tiga garis horizontal yang disusun secara vertikal, telah menjadi kebiasaan umum dalam navigasi aplikasi seluler dan situs web responsif. Ini memungkinkan kompresi menu utama ke dalam ikon hamburger, menjaga kebersihan tampilan antarmuka tanpa mengurangi aksesibilitas menu yang penting bagi pengguna.

Penerapan menu hamburger dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyederhanakan tampilan antarmuka. Namun, penggunaan yang berlebihan atau kurangnya label yang jelas dapat mengurangi keterbacaan menu, sehingga perlu perencanaan yang cermat dalam implementasinya.

3. Tombol Floating Action

Tombol floating action adalah elemen desain yang menonjol di antarmuka pengguna. Biasanya berbentuk bulat atau lonjong, tombol ini menyediakan akses cepat ke tindakan atau fungsi penting. Penggunaan yang cerdas dari tombol floating action dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan akses instan ke fungsi utama, seperti membuat pos baru dalam media sosial atau memulai tindakan utama dalam aplikasi.

4. Navigasi Bottom Tab Bar

Navigasi bottom tab bar menempatkan opsi navigasi utama di bagian bawah layar. Ini menjadi populer karena memudahkan pengguna dalam mengakses menu utama tanpa harus berpindah antar layar atau menu tambahan. Dengan menyediakan navigasi yang konsisten di bagian bawah layar, pengguna dapat dengan mudah mengakses fitur-fitur inti aplikasi. Penggunaan navigasi ini secara teratur membantu mempertahankan fokus pada fungsi-fungsi utama dan mempercepat aksesibilitas bagi pengguna, mengurangi kebingungan dalam navigasi aplikasi.

5. Animasi Mikro (Micro-Animations)

Animasi mikro adalah detail kecil namun kuat yang menambahkan sentuhan interaktif pada UI. Mereka dapat digunakan untuk memberikan umpan balik saat pengguna berinteraksi dengan elemen UI tertentu, seperti memberi respons saat tombol ditekan atau memberikan animasi halus saat menggulir. Animasi mikro dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan membuat interaksi lebih menyenangkan dan intuitif.

Kesimpulan

Menerapkan pola-pola desain UI yang efektif dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih memuaskan. Namun, penting untuk selalu mengaitkan penggunaan pola-pola ini dengan konteks dan tujuan dari aplikasi atau situs web yang sedang Anda kembangkan. Kreativitas dalam menyatukan dan menyesuaikan pola-pola desain ini juga berperan penting dalam menciptakan pengalaman yang tak hanya unik, tetapi juga menarik bagi pengguna.

Saat Anda menggarap UI, jangan sekadar mengikuti tren semata. Memahami prinsip-prinsip yang mendasari pola-pola desain tersebut akan membantu Anda menciptakan pengalaman yang tidak hanya menarik, tetapi juga efektif bagi pengguna. Dengan demikian, Anda dapat menghadirkan pengalaman yang memukau bagi pengguna Anda.

Butuh Bantuan?

Kami tahu mencoba dan menggunakan layanan baru itu sangat mengkhawatirkan, itu sebabnya kami memberikan layanan terbaik 100% bebas resiko untuk kamu dan bisnis kamu
 

toekangdigital.com by PT Toekang Digital Indonesia telah terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM sebagai penyedia layanan dan jasa pembuatan aplikasi, desain, sistem informasi, software, website, pengadaan barang – barang teknologi informasi dan bidang teknologi informasi lainnya. toekangdigital.com juga merupakan partner teknologi informasi untuk perorangan, perusahaan sekala nasional hingga multinasional yang berpengalaman dan profesional.

Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi

 

2024/2025 ©   PT Toekang Digital Indonesia