Mengoptimalkan Instagram Stories untuk Keberhasilan Bisnis Kamu

Mengoptimalkan Instagram Stories untuk Keberhasilan Bisnis Kamu

Mengoptimalkan Instagram Stories. Tips dan trik kali ini mengenai instagram, terutama bagi Kamu yang ingin memaksimalkan akun bisnis di IG beserta fitur-fitur penting didalamnya. Salah satu fitur utama yang perlu dan harus Kamu perhatikan adalah “Instagram Stories.”

Mari kita bahas apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaimana Kamu dapat mengoptimalkan fitur ini untuk memaksimalkan penjualan.

Apa itu Instagram Stories?

Mari kita mulai dengan menjelaskan apa itu Instagram Stories. IG Stori adalah fitur yang memungkinkanmu untuk berbagi foto dan video ke follower Kamu dengan durasi pendek hanya sekitar 24 jam. IG Stori adalah cara yang sempurna untuk berbagi momen sehari-hari, promosi produk, ulasan, dan lainnya dengan cara yang lebih enjoy, santai dan menarik.

Stori berada di bagian atas beranda pengguna dan menampilkan konten kamu dalam bentuk lingkaran kecil yang dapat diklik untuk melihat lebih isi lebih lanjut.

Siapa yang Bisa Menggunakan Instagram Stories?

Satu hal yang menarik tentang Instagram Stories adalah siapa pun dengan akun Instagram, baik itu bisnis atau pribadi, dapat menggunakannya.

Namun, sebagai pemilik akun bisnis, Kamu memiliki keuntungan tambahan. Kamu akan memiliki akses ke analisis yang lebih kuat, yang memungkinkan Kamu untuk melacak kinerja Stories Kamu dengan lebih baik, dan Kamu juga dapat memanfaatkan opsi promosi yang lebih terfokus.

Mengapa Kamu Musti Menggunakan Instagram Stories?

Ada beberapa alasan mengapa Kamu harus mengoptimalkan penggunaan Instagram Stories untuk bisnis Kamu:

1. Meningkatkan Engagement atau interaksi user

Instagram Stories memberi Kamu kesempatan untuk berinteraksi dengan pengikut Kamu secara langsung melalui fitur-fitur seperti poll, tanya-jawab, dan survei. Ini membuat pengikut Kamu merasa lebih terlibat dan terhubung dengan Kamu.

2. Promosi Produk dan Layanan

Kamu dapat dengan mudah memperkenalkan produk atau layanan baru Kamu kepada audiens Kamu melalui Stories. Ini memberikan Kamu kesempatan untuk memberikan tampilan yang lebih mendalam tentang bagaimana produk atau layanan Kamu digunakan dan memberikan alasan bagi pengikut Kamu untuk membelinya.

3. Orisinalitas atau Keaslian atau Keontetikan

Stories memberikan platform untuk berbagi momen sehari-hari dan cerita di balik layar dari bisnis Kamu. Ini membantu Kamu membangun citra keaslian dan transparansi, yang dapat meningkatkan kepercayaan pengikut Kamu.

4. Peningkatan Jangkauan (Reach) Pemirsa 

Stories tampil di bagian atas feed pengguna, sehingga lebih mungkin dilihat dan diakses oleh pengikut Kamu daripada posting reguler. Ini dapat membantu Kamu mencapai audiens yang lebih besar.

Baca Juga : A Z Optimasi Konten Carausel Di Instagram

Di Mana Letaknya Instagram Stories itu?

Instagram Stories dapat digunakan dengan mudah melalui aplikasi Instagram di ponsel Kamu. Fitur ini terletak di bagian atas layar beranda kamu dan sangat mudah diakses. User Experiense (UX) orang terpaku di stori pada waktu pertama kali membuka aplikasi instagram. Jadi pastikan storie Anda Uptodate

Kapan Anda Harus Menggunakan Instagram Stories?

Pertanyaan selanjutnya adalah, kapan Anda sebaiknya menggunakan Instagram Stories? Waktu yang tepat untuk menggunakan Stories bervariasi tergantung pada audiens Anda. Namun, beberapa waktu yang paling efektif adalah selama jam sibuk di Instagram, seperti pagi hari dan sore hari. Selain itu, saat Anda mengadakan promosi khusus atau acara langsung juga merupakan waktu yang baik untuk menggunakan Stories.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Instagram Stories?

Sekarang, mari kita fokus pada bagaimana Anda dapat mengoptimalkan Instagram Stories untuk bisnis Anda. Ini adalah bagian yang paling penting dari artikel ini karena kami akan membahas strategi dan praktik terbaik.

  1. Gunakan Konten yang Menarik

Penting untuk memastikan bahwa konten yang Anda bagikan dalam Stories menarik dan relevan untuk audiens Anda. Ini mencakup penggunaan gambar dan video berkualitas tinggi. Jika konten Anda tidak menarik, pengikut Anda mungkin tidak akan melanjutkan untuk melihat lebih lanjut, dan itu adalah potensi yang terlewatkan.

  1. Manfaatkan Fitur Interaktif

Salah satu kekuatan Instagram Stories adalah berbagai fitur interaktif yang disediakan. Manfaatkan fitur-fitur seperti tanya-jawab, polling, dan survei untuk berinteraksi dengan pengikut Anda. Ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan tetapi juga memberikan wawasan berharga tentang preferensi dan pandangan pengikut Anda.

  1. Gunakan Hashtag dan Lokasi yang Relevan

Tambahkan hashtag dan lokasi yang relevan dalam Stories Anda. Ini akan meningkatkan jangkauan konten Anda dan membuatnya lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari konten terkait. Hashtag yang sesuai dapat membantu Anda mencapai audiens yang lebih besar.

 

  1. Promosikan Produk dan Layanan Anda

Salah satu penggunaan paling efektif dari Instagram Stories adalah untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Anda dapat menambahkan tautan langsung ke produk atau situs web Anda jika Anda memiliki lebih dari 10.000 pengikut. Gunakan Stories untuk memberikan tampilan mendalam tentang produk atau layanan Anda, menjawab pertanyaan umum, atau bahkan menampilkan testimoni dari pelanggan yang puas.

  1. Bagikan Cerita di Balik Layar

Jangan lupakan pentingnya berbagi cerita di balik layar. Ini adalah kesempatan untuk memberikan pengikut Anda wawasan yang lebih dalam tentang bagaimana bisnis Anda beroperasi. Anda dapat menampilkan proses pembuatan produk, aktivitas keseharian, atau cerita inspiratif yang terkait dengan bisnis Anda. Hal ini membantu Anda membangun koneksi emosional dengan pengikut Anda.

  1. Buat Konten yang Berseri

Jika Anda memiliki cerita yang lebih panjang untuk diceritakan, pertimbangkan untuk menggunakan fitur “Buat Konten yang Berseri” yang memungkinkan Anda membagi cerita menjadi beberapa bagian yang dapat diikuti oleh pengikut Anda. Ini membantu mempertahankan minat pengikut selama beberapa hari.

  1. Analisis dan Optimalisasi

Terakhir, jangan lupakan pentingnya analisis dan optimalisasi. Gunakan fitur analisis Stories untuk melihat kinerja konten Anda. Lihat berapa banyak tampilan, tanggapan, dan tindakan yang Anda terima. Anda dapat memanfaatkan wawasan ini untuk mengoptimalkan strategi Anda ke depannya. Cobalah berbagai jenis konten, waktu posting, dan taktik interaktif untuk melihat apa yang paling efektif untuk audiens Anda.

 

Mengoptimalkan Instagram Stories untuk Keberhasilan Bisnis Anda

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Instagram Stories untuk bisnis Anda. Namun, ada lebih banyak strategi yang dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan potensi Instagram Stories dalam membantu bisnis Anda tumbuh. Berikut beberapa strategi tambahan yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Gunakan Fitur Geo-Tagging

Geo-tagging adalah cara yang efektif untuk menghubungkan Stories Anda dengan lokasi fisik bisnis Anda. Ketika Anda menambahkan geo-tagging pada Stories Anda, orang yang melihatnya dapat dengan mudah mengetahui di mana bisnis Anda berlokasi. Ini berguna terutama jika Anda memiliki toko fisik yang ingin Anda promosikan atau jika Anda sedang menghadiri acara lokal.

  • Gunakan Stories untuk Mengumumkan Penawaran dan Diskon Khusus

Instagram Stories adalah tempat yang bagus untuk mengumumkan penawaran dan diskon khusus yang hanya berlaku untuk pengikut Anda. Anda dapat menggunakan gambar atau video singkat untuk memberi tahu pengikut Anda tentang penawaran tersebut dan mengarahkan mereka untuk mengambil tindakan, seperti mengunjungi situs web Anda atau menghubungi Anda untuk mendapatkan diskon.

  • Gunakan Stories untuk Menyampaikan Testimoni Pelanggan

Menyertakan testimonial atau ulasan positif dari pelanggan Anda dalam Stories bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan dan mengesankan calon pelanggan. Anda dapat meminta pelanggan Anda untuk mengirimkan video testimonial singkat atau menampilkan tangkapan layar ulasan positif yang mereka berikan.

  • Pemetaan Produk

Instagram telah memperkenalkan fitur pemetaan produk dalam Stories yang memungkinkan Anda untuk menandai produk tertentu yang muncul dalam foto atau video Anda. Pengikut Anda dapat mengklik tautan untuk langsung melihat informasi lebih lanjut tentang produk tersebut dan membelinya. Ini adalah cara yang luar biasa untuk mempromosikan produk Anda secara langsung dan mendapatkan penjualan.

  • Gunakan Cerita Serial untuk Narasi yang Panjang

Jika Anda memiliki cerita yang lebih panjang atau kompleks untuk diceritakan, pertimbangkan untuk menggunakan Stories secara berurutan. Anda dapat menggunakan cerita berurutan untuk menguraikan cerita secara lebih rinci, menjaga minat pengikut Anda selama beberapa hari atau bahkan lebih lama.

  • Kolaborasi dengan Pengguna Lain

Jika memungkinkan, berkolaborasi dengan pengguna Instagram lain yang memiliki audiens yang relevan dengan bisnis Anda. Ini bisa menjadi influencer yang relevan atau bisnis sejenis. Kolaborasi semacam ini dapat membantu Anda mencapai audiens yang lebih besar dan memperkenalkan bisnis Anda kepada orang-orang yang mungkin belum mengenalnya sebelumnya.

  • Gunakan Story Analytics untuk Mengukur Kinerja

Instagram menyediakan alat analisis yang kuat untuk Stories. Manfaatkan alat ini untuk melihat metrik seperti jumlah tampilan, tindakan yang diambil oleh pengikut Anda, dan seberapa lama orang menghabiskan waktu untuk melihat Stories Anda. Analisis ini akan membantu Anda memahami apa yang bekerja dan apa yang perlu ditingkatkan dalam strategi Stories Anda.

  • Sertakan CTA yang Jelas

Panggilan tindakan (CTA) adalah komponen penting dalam Stories Anda. Pastikan untuk selalu menyertakan CTA yang jelas, seperti “Swipe Up,” “Klik Tautan,” “Komentari,” atau “Ikuti Profil.” CTA ini akan membantu Anda memandu pengikut Anda untuk mengambil tindakan yang Anda inginkan.

  • Gunakan Fitur Swipe Up (Jika Tersedia)

Jika akun Anda memiliki lebih dari 10.000 pengikut atau Anda telah memverifikasi akun bisnis Anda, Anda dapat menggunakan fitur “Swipe Up” untuk menambahkan tautan langsung ke Stories Anda. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengarahkan pengikut Anda ke situs web, halaman produk, atau konten lain yang ingin Anda promosikan.

  • Gunakan Fitur Highlight

Instagram memungkinkan Anda untuk menyimpan Stories favorit Anda dalam fitur “Highlight” yang terletak di bagian atas profil Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat arsip konten penting yang tetap dapat diakses oleh pengikut Anda setelah 24 jam. Anda dapat mengkategorikan Highlights berdasarkan topik atau produk tertentu, yang membantu pengunjung profil Anda menemukan informasi yang relevan.

  • Gunakan Musik dan Efek Kreatif

Instagram menyediakan berbagai musik dan efek kreatif yang dapat Anda tambahkan ke Stories Anda. Ini dapat memberikan elemen tambahan yang menarik dan menyenangkan untuk konten Anda. Anda dapat memilih musik yang sesuai dengan suasana atau pesan yang ingin Anda sampaikan dalam Stories Anda.

  • Berkolaborasi dengan Influencer atau Rekan Bisnis

Jika memungkinkan, berkolaborasi dengan influencer atau rekan bisnis yang memiliki audiens yang serupa dengan Anda. Mereka dapat mengambil alih Stories Anda untuk beberapa waktu atau memberikan promosi silang, yang dapat membantu Anda mencapai audiens yang lebih besar dan mendapatkan pengikut baru.

  • Gunakan Cerita Berdasarkan Topik atau Tema

Seringkali, menyusun cerita berdasarkan topik atau tema tertentu dapat membuat konten Anda lebih terstruktur dan mudah dipahami oleh pengikut Anda. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis fashion, Anda dapat memiliki cerita tentang “Gaya Hari Ini,” “Produk Terbaru,” atau “Belanjaan Tren.”

  • Gunakan Hashtag dalam Stories

Meskipun Anda tidak dapat menambahkan tautan langsung ke hashtag dalam Stories, Anda tetap bisa menggunakan hashtag dalam teks Stories Anda. Ini akan membantu konten Anda ditemukan oleh mereka yang mencari konten terkait dengan hashtag tersebut.

  • Tindak Lanjuti dengan Call to Action (CTA)

Terakhir, pastikan untuk selalu menyertakan panggilan tindakan (CTA) dalam Stories Anda. Misalnya, jika Anda mempromosikan produk, ajak pengikut Anda untuk “Klik Swipe Up untuk Membeli” atau “Komentari di bawah dengan pertanyaan Anda.” CTA membantu mendorong interaksi pengikut Anda dan mengarahkan mereka pada tindakan yang Anda inginkan.

Baca Juga Mengenal Fitur Instagram Shoping

Kesimpulannya

Mengoptimalkan Instagram Stories. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Instagram Stories untuk bisnis Anda.

Ingatlah bahwa konsistensi dan eksperimen adalah kunci keberhasilan di platform ini. Teruslah berinteraksi dengan pengikut Anda dan beradaptasi dengan perubahan tren untuk tetap relevan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam upaya memaksimalkan kehadiran bisnis Anda di Instagram. Selamat berkreasi!

Demikianlah panduan lengkap tentang cara mengoptimalkan Instagram Stories untuk akun bisnis Anda. Ingatlah bahwa konsistensi dan eksperimen adalah kunci keberhasilan di platform ini.

Teruslah berinteraksi dengan pengikut Anda dan beradaptasi dengan perubahan tren untuk tetap relevan. Instagram Stories adalah alat yang sangat kuat untuk membangun merek Anda dan meningkatkan kehadiran bisnis Anda di dunia digital yang semakin kompetitif.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam upaya memaksimalkan kehadiran bisnis Anda di Instagram. Semoga sukses dalam perjalanan Anda di Instagram!

https://avada.io/resources/instagram-story-size.html

 

 

Butuh Bantuan?

Kami tahu mencoba dan menggunakan layanan baru itu sangat mengkhawatirkan, itu sebabnya kami memberikan layanan terbaik 100% bebas resiko untuk kamu dan bisnis kamu
 

toekangdigital.com by PT Toekang Digital Indonesia telah terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM sebagai penyedia layanan dan jasa pembuatan aplikasi, desain, sistem informasi, software, website, pengadaan barang – barang teknologi informasi dan bidang teknologi informasi lainnya. toekangdigital.com juga merupakan partner teknologi informasi untuk perorangan, perusahaan sekala nasional hingga multinasional yang berpengalaman dan profesional.

Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi

 

2022 ©   PT Toekang Digital Indonesia