Jenis Lisensi Pada Asset Digital

Jenis Lisensi Pada Asset Digital

Jenis Lisensi Pada Asset Digital. Saat ini, di era digital yang semakin berkembang pesat, isu seputar perlindungan kekayaan intelektual menjadi semakin penting.

Bagi banyak individu dan perusahaan, menciptakan dan mempertahankan inovasi serta karya-karya kreatif adalah hal yang tak bisa dianggap sepele, oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang perbedaan antara copyright, trademark, dan paten adalah langkah penting untuk menjaga hak-hak dan nilai dari apa yang telah diciptakan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi inti dari ketiga konsep tersebut dan mengapa setiap jenis perlindungan memiliki peran yang unik.

Perbedaan Copyright, Trademark, Paten, Personal Licence, PLR dan MRR

Copyright

Copyright adalah hak hukum yang memberikan pemegangnya hak eksklusif atas karya kreatif yang telah diciptakan, seperti buku, musik, gambar, dan karya seni lainnya. Dengan copyright, pemegang hak memiliki kontrol penuh atas penggunaan, produksi, distribusi, dan modifikasi karya tersebut.

Perlindungan copyright relevan bagi siapapun yang menciptakan karya asli, seperti penulis, seniman, musisi, pembuat film, dan pengembang perangkat lunak. Ini memberikan mereka hak hukum atas karya mereka dan mencegah orang lain menggunakannya tanpa izin.

Copyright melindungi karya-karya kreatif Anda dari penggunaan tanpa izin. Ini memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol penuh atas bagaimana karya Anda digunakan dan didistribusikan, serta memberikan kesempatan untuk mendapatkan manfaat finansial dari karya-karya tersebut.

Baca Juga KPI Digital Marketing

Berlaku secara otomatis begitu karya diciptakan dalam bentuk yang dapat direproduksi dan terekam. Ini berlaku di banyak negara di seluruh dunia tanpa perlu pendaftaran formal. Segera berlaku setelah karya diciptakan dalam bentuk yang dapat diproduksi. Namun, dalam beberapa yurisdiksi, mendaftarkan karya Anda di kantor hak cipta dapat memberikan perlindungan tambahan dan kemudahan dalam menuntut pelanggaran.

Terbentuk secara otomatis, tetapi pendaftaran hak cipta dapat memberikan bukti hukum yang kuat dalam kasus pelanggaran. Anda dapat mendaftarkan karya Anda di kantor hak cipta setempat.

Trademark

Trademark, atau merek dagang, adalah simbol, nama, kata, frasa, logo, atau desain lain yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan produk atau layanan dari pesaing di pasar. Merek dagang membantu membangun citra merek dan memberikan perlindungan terhadap penggunaan yang tidak sah oleh pihak lain.

Penting bagi bisnis atau individu yang ingin melindungi merek dagang mereka dari penggunaan yang tidak sah. Trademark yang kuat dapat membantu membedakan produk atau layanan dari yang lain di pasar yang kompetitif.

Trademark menjaga identitas bisnis Anda. Dengan merek dagang yang kuat, konsumen akan lebih mudah mengenali produk atau layanan Anda, membangun kepercayaan, dan membedakan Anda dari pesaing.

Dapat dilindungi dengan mendaftarkan merek dagang Anda di kantor paten dan merek dagang setempat. Perlindungan trademark biasanya terbatas pada wilayah geografis tertentu, tetapi beberapa negara memiliki perjanjian internasional yang memungkinkan perlindungan lintas batas.

Sebaiknya didaftarkan sebelum Anda mulai menggunakan merek dagang tersebut secara luas di pasar. Ini membantu mencegah pihak lain menggunakan merek dagang yang sama atau serupa.

Dapat dilindungi dengan mendaftarkan merek dagang Anda di kantor paten dan merek dagang setempat. Anda perlu menyediakan deskripsi yang jelas tentang merek dagang Anda serta bagaimana Anda akan menggunakannya.

Paten

Paten adalah hak eksklusif untuk membuat, menjual, dan menggunakan sebuah penemuan atau inovasi tertentu selama periode waktu tertentu. Paten memberikan insentif kepada penemu untuk berbagi penemuan mereka dengan publik sambil tetap mendapatkan manfaat ekonomi dari inovasi tersebut.

Penting diajukannya paten bagi penemu atau perusahaan yang mengembangkan penemuan teknologi baru. Ini memberikan hak eksklusif untuk memanfaatkan dan menjual inovasi tersebut, mendorong investasi dalam riset dan pengembangan.

Paten melindungi inovasi Anda dan memberikan hak eksklusif atas penemuan teknis. Ini mendorong penelitian dan pengembangan baru dengan memberikan insentif kepada pencipta untuk berbagi pengetahuan mereka dengan dunia.

Memerlukan pendaftaran di kantor paten setempat, dan perlindungan berlaku di wilayah yang sama dengan merek dagang.

Untuk mendapatkan hak paten melibatkan proses yang lebih rumit. Anda perlu mengajukan permohonan paten yang mendetail, menjelaskan penemuan Anda, dan bagaimana cara kerjanya.

Jenis Lisensi Pada Asset Digital

Term Of Use atau sering disebut syarat dan ketentuan penggunaan asset yang selama ini bertebaran di marketplace produk digital, seperti  :

  • studio.evanto.com
  • element.evanto.com
  • freepik
  • codecanyon

Sedangkan jenis-jenis Asset produk digital diantaranya : Desain Vektor, Template PPT, Stock Photos, PSD, E-Course. Jenis-jenis lisensi pada aset produk digital diatas, diantaranya :

Personal Licence

  1. Penggunaan asset desain atau template hanya boleh untuk pemakaian pribadi, bukan untuk project komersial
  2. apa saja contohnya : konten sosmed personal, blog, konten promosi personal, web personal. Yang ruang lingkupnya untuk kepentingan pribadi saja.
  3. Tidak boleh menjual hasil desain mentah, file jadi (jpg,mp4,file json, dll) dengan client dengan alasan apapun,
  4. Harus mencantumkan link

Commercial License

  1. berbeda dengan lisensi komersial, anda boleh menjual sebagai project dengan bentuk file jadi, bukan file mentahan. freepik utk LP, website boleh. envato element utk LP, harus diedit dulu tidak mentahan
  2. file jadi yang harus dan sudah dimodifikasi
  3. tidak perlu mencantumkan link website sumbernya
  4. boleh menyampaikan ke customer kita sdh berlangganan di freepik dan envato

Private Label Right (PLR)

  1. Lisensi yang cukup ramai saat ini ditawarkan para penjual desain. Desain ini dapat dijual kembali dengan 100% keuntungan untuk kita
  2. jual template dengan mengganti nama branding sendiri
  3. kita diperbolehkan menjual ulang dengan mengganti nama / merek kita sendiri tanpa izin vendor
    namun diingat, sang pembeli tadi tidak diperbolehkan menjualnya kembali, melainkan personal license saja
  4. misal ecourse whatsapp marketing dari vendor A. jual PLR ke toekang digital, toekang digital hanya menjual personal license aja

Master Resell Right (MRR)

  1. Lisensi ini adalah yang paling spesial atau tinggi dari berbagai lisensi diatas.
  2. dimana kita bisa menjual kembali dengan mengganti merek dan 100% keuntungan untuk kita
    dan pembelinya boleh menjual kembali pula, lisensi ini sudah marak namun harganya tentu berbeda lebih tinggi..

Kesimpulannya adalah kita diwajibkan selalu perhatikan yang lebih detail terhadap asset-asset digital, tidak langsung asal comot akan tetapi lebih perhatian dan menghargai karya orang lain.

Butuh Bantuan?

Kami tahu mencoba dan menggunakan layanan baru itu sangat mengkhawatirkan, itu sebabnya kami memberikan layanan terbaik 100% bebas resiko untuk kamu dan bisnis kamu
 

toekangdigital.com by PT Toekang Digital Indonesia telah terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM sebagai penyedia layanan dan jasa pembuatan aplikasi, desain, sistem informasi, software, website, pengadaan barang – barang teknologi informasi dan bidang teknologi informasi lainnya. toekangdigital.com juga merupakan partner teknologi informasi untuk perorangan, perusahaan sekala nasional hingga multinasional yang berpengalaman dan profesional.

Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi

 

2022 ©   PT Toekang Digital Indonesia