Apa itu Google Search Ads

Apa itu Google Search Ads

Apa itu Google Search Ads –  Salah satu dari 5 (lima) jenis iklan google adalah google search ads. Google Search Ads atau sering disebut PPC (Pay Per Click), Search Engine Marketing, Google Search Network (GSN), Google AdWord, atau iklan baris Google adalah salah satu tipe iklan google yang berfokus di mesin pencarian pada platform google.

Biasanya iklan ditampilkan 4 baris peringkat atas di halaman pencarian google, peringkat ke 5 hingga 8 diisi oleh SEO / Map.

Pada intinya ketika kita beriklan di Google Search, kita membayar iklan per klik di mesin pencarian google, dan harga perklik tergantung kata kunci yang kita cari. Kata kunci bisa menjadi sangat mahal karena tingkat persaingan, posisi, strategi lelang, volume pencarian, dan Quality Score.

Iklan Google Search Ads tidak hanya muncul di mesin pencarian saja, tapi juga bisa muncul di list Google Map

Google Search Ads Sangat Tertarget

Google Search Ads sangat  tertarget dan relevan dengan audience, dikarenakan orang sedang membutuhkan, orang mencari, orang meriset di google, kemudian menemukan kata kunci yang tepat, dan peluang besar mendapatkan konten link kita kemudian bertransaksi melalui website yang kita buat

Kekurangan Google Search Ads

2 (Dua) hal yang menjadi kekurangan Google Search Ads, diantaranya :

  1. Trafik dan budget dari jumlah search saja, jadi kita tidak bisa menganggarkan lebih besar karena volume pencarian terbatas.
  2. Tidak bisa menarget orang yang tidak mencari produk kita, yang terjangkau oleh iklan hanya orang yang mencari di mesin pencarian google

Perbedaan GSN dengan SEO (Search Engine Optimation)

Perbedaan Google Search Ads dengan SEO (Search Engine Optimisations) adalah salah satu bentuk paid trafik ataupun organik trafik.

Ketika kita melakukan pencarian digoogle dengan kata kunci tertentu, kemudian menemukan data di rangking pertama adalah link yang relevan dengan kata kunci kita, dan diatas link terdapat kata sponsor, setiap klik link website tersebut, artinya pemilik link atau website akan membayar setiap kliknya itulah Google Search Ads.

Berbeda dengan google search ads, SEO tidak membayar perkliknya. SEO adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk supaya website kita terindex di google dan mendapat peringkat di halaman pertama mesin pencarian google dengan cara manual.

Cara manual membutuhkan waktu dan effort besar, sedangkan membayar iklan hasilnya bisa instan.

Tidak semua produk sesuai diiklankan digoogle search ads. Misalkan kita mencari kata kunci, grosir baju anak. Menaruh iklan di 4 baris iklan, mana yang ditampilkan diatas, dan mana yang ditampilkan di bawah. Tergantung bidding atau lelang.

Misalkan biddingnya kurang bagus, bisa ditendang ke bawah. 4 Baris awal Ads, SEO google Map (Geo Tagging), 4 dibawah rangking (jika marketplace sperti buka lapak, toped, dll kita angkat tangan SEOnya) kalo nglawan marketplace domain mereka sangat kuat.

Baca Juga Metrix Google Search Ads

Kapan kita beriklan di google search

Kapan kita beriklan di google search, pertama adalah ketika memiliki produk produk B2B (Bisnis To Bisnis), usaha Jasa atau sewa.

Sebagai contoh produk yang cocok untuk beriklan di google search ads adalah : berjualan bearing, jual sparepart, jasa cctv, jasa konsultan pajak, sewa genset, sewa alat berat, dll. Kita bisa menemukan katakunci yang tepat untuk bisnis kita melalui riset menggunakan software populer google yaitu google keyword planner

Keputusan untuk memulai iklan di Google Search Ads sebaiknya didasarkan pada tujuan pemasaran dan strategi bisnis Anda. Di bawah ini adalah beberapa situasi umum di mana Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memulai iklan di Google Search Ads:

1. Peluncuran Produk atau Layanan Baru

Jika Anda merilis produk atau layanan baru dan ingin segera menjangkau calon pelanggan, iklan di Google Search Ads dapat membantu meningkatkan visibilitas Anda di hasil pencarian.

2. Meningkatkan Lalu Lintas ke Situs Web

Jika Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web Anda, iklan di Google Search Ads dapat membantu dalam mendapatkan klik yang relevan dari orang-orang yang mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

3. Promosi Khusus atau Penjualan

Jika Anda memiliki promosi, diskon, atau penjualan khusus yang ingin Anda tingkatkan, iklan di Google Search Ads dapat membantu dalam memeriahkan penawaran Anda kepada calon pelanggan.

4. Mengalahkan Persaingan

Jika Anda berada dalam industri yang kompetitif dan ingin menangkap pangsa pasar lebih besar dari pesaing Anda, iklan di Google Search Ads dapat membantu Anda muncul di atas hasil pencarian organik.

5. Mengikuti Perilaku Pencarian Musiman

Beberapa bisnis mengalami fluktuasi musiman dalam permintaan, seperti liburan atau musim tertentu. Dengan iklan di Google Search Ads, Anda dapat menyesuaikan tawaran dan pesan iklan Anda sesuai dengan tren musiman.

6. Pencarian Nama Merek

Meskipun situs web Anda mungkin muncul di hasil pencarian organik untuk pencarian merek Anda, mengiklankan nama merek Anda di Google Search Ads dapat membantu Anda mengamankan tempat pertama di hasil pencarian dan mencegah pesaing mencuri lalu lintas Anda.

7. Mengoptimalkan Konversi

Jika Anda memiliki tujuan spesifik seperti meningkatkan penjualan, mendaftar untuk newsletter, atau mengarahkan pengguna ke halaman landing tertentu, Anda dapat menggunakan iklan di Google Search Ads dengan pengoptimalan konversi untuk mencapai tujuan tersebut.

Sebelum memulai iklan di Google Search Ads, penting untuk merencanakan dengan baik. Anda perlu menetapkan anggaran, menargetkan kata kunci yang relevan, dan merancang pesan iklan yang menarik. Selain itu, memahami analisis dan metrik iklan adalah bagian penting dari mengukur keberhasilan kampanye Anda dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Penting juga untuk mempertimbangkan apakah iklan di Google Search Ads sesuai dengan anggaran dan strategi pemasaran Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan bantuan lebih lanjut dalam merencanakan kampanye iklan, Anda juga dapat mempertimbangkan berkonsultasi dengan ahli pemasaran digital atau profesional iklan.

Fundamental Google Search Ads

Quality Score (QS)

Quality Score adalah metrik yang digunakan oleh Google dalam platform Google Ads untuk mengukur sejauh mana kualitas iklan yang Anda tampilkan di hasil pencarian. Quality Score berpengaruh pada posisi iklan Anda dan biaya per klik (CPC) yang Anda bayarkan. Metrik ini adalah cara bagi Google untuk memastikan bahwa iklan yang ditampilkan kepada pengguna benar-benar relevan dan memberikan pengalaman yang baik.

Quality Score dinilai berdasarkan beberapa faktor:

1. Relevansi Kata Kunci

Sejauh mana kata kunci yang Anda targetkan sesuai dengan iklan dan halaman yang dituju? Iklan yang lebih relevan dengan kata kunci cenderung memiliki Quality Score yang lebih tinggi.

2. Relevansi Iklan

Sejauh mana iklan Anda relevan dengan kata kunci yang ditargetkan? Iklan yang sesuai dengan kata kunci dan menawarkan pesan yang relevan cenderung mendapatkan Quality Score yang lebih baik.

3. Landing page experience

Halaman yang diarahkan oleh iklan Anda juga dinilai. Halaman harus relevan dengan kata kunci dan iklan serta memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung.

4. Expected CTR

Seberapa sering iklan Anda diperhatikan dan di-klik oleh pengguna sebelumnya? Iklan dengan CTR yang lebih tinggi cenderung memiliki Quality Score yang lebih baik.

Skala Quality Score

Quality Score diberikan dalam skala 1 hingga 10, di mana 1 adalah yang terendah dan 10 adalah yang tertinggi. Quality Score yang lebih tinggi memiliki beberapa manfaat:

Posisi Iklan yang Lebih Tinggi

Iklan dengan Quality Score yang baik cenderung muncul di posisi lebih atas di hasil pencarian, bahkan jika tawaran mereka sedikit lebih rendah dari pesaing.

Biaya yang Lebih Rendah

Google memberikan diskon pada biaya per klik jika iklan Anda memiliki Quality Score yang tinggi. Ini berarti Anda mungkin membayar lebih sedikit untuk klik yang sama jika Quality Score Anda bagus.

Pengoptimalan Kampanye yang Lebih Efektif

Quality Score yang baik dapat membantu Anda mengidentifikasi area di kampanye Anda yang memerlukan perbaikan, seperti kata kunci yang kurang relevan atau pesan iklan yang tidak cocok.

Jika Anda ingin meningkatkan Quality Score kampanye iklan Anda, penting untuk fokus pada relevansi kata kunci, pesan iklan yang menarik, dan halaman tujuan yang sesuai. Dengan memahami dan mengoptimalkan faktor-faktor ini, Anda dapat meningkatkan Quality Score dan kinerja keseluruhan kampanye iklan Anda.

Butuh Bantuan?

Kami tahu mencoba dan menggunakan layanan baru itu sangat mengkhawatirkan, itu sebabnya kami memberikan layanan terbaik 100% bebas resiko untuk kamu dan bisnis kamu
 

toekangdigital.com by PT Toekang Digital Indonesia telah terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM sebagai penyedia layanan dan jasa pembuatan aplikasi, desain, sistem informasi, software, website, pengadaan barang – barang teknologi informasi dan bidang teknologi informasi lainnya. toekangdigital.com juga merupakan partner teknologi informasi untuk perorangan, perusahaan sekala nasional hingga multinasional yang berpengalaman dan profesional.

Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi

 

2022 ©   PT Toekang Digital Indonesia