7 Tips membuat struktur landing page yang tepat untuk bisnis anda

7 Tips membuat struktur landing page yang tepat untuk bisnis anda

7 Tips membuat struktur landing page yang tepat untuk bisnis anda. Saat Anda melangkah ke dalam dunia pemasaran digital, satu hal yang tidak bisa diabaikan adalah kekuatan dari sebuah landing page yang tepat.

Landing page bukan lagi sekadar sebuah halaman web, tetapi merupakan senjata rahasia yang dapat memenangkan pertempuran untuk perhatian dan konversi pelanggan.

Namun, membuat landing page yang benar-benar efektif bukanlah tugas yang mudah. Artikel ini akan membagikan kepada Anda tips yang telah teruji untuk menciptakan struktur landing page yang efektif dan sukses. 

Tips Landingpage

Apa Itu Landing Page?

Sebelum kita terjun ke dalam tips dan triknya, mari kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan landing page. Landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk mencapai tujuan tertentu. Hal ini dapat berupa pengumpulan informasi kontak, penjualan produk atau layanan, atau mengarahkan pengunjung ke tindakan tertentu, seperti mengunduh panduan atau mendaftar untuk acara webinar. Yang penting, landing page berbeda dari halaman utama situs web Anda, karena mereka difokuskan pada tujuan yang jelas dan tidak memiliki navigasi yang kompleks.

 

Langkah membuat struktur landing page yang efektif

1. Tentukan Tujuan Landing Page Anda dengan Jelas

Langkah pertama yang sangat penting adalah menentukan dengan jelas apa tujuan dari landing page Anda. Pertanyaan yang harus Anda jawab adalah: Apa yang ingin Anda capai dengan halaman ini? Apakah Anda ingin mengumpulkan alamat email calon pelanggan, menjual produk atau layanan, atau mengundang orang untuk menghadiri acara Anda? Menyadari tujuan utama Anda adalah langkah pertama menuju pembuatan landing page yang sukses.

2. Kenali Target Audience Anda

Penting untuk memahami siapa yang akan menjadi target utama landing page Anda. Apakah Anda ingin menarik konsumen individu, pemilik bisnis, atau penggemar produk Anda? Dengan memahami audiens Anda dengan baik, Anda dapat merancang pesan dan tampilan yang lebih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

3. Jelaskan Mengapa Landing Page Ini Penting

Selanjutnya, Anda harus menjelaskan dengan jelas mengapa landing page ini penting bagi pengunjungnya. Apa manfaat yang akan mereka peroleh jika mereka melakukan tindakan yang Anda inginkan? Anda perlu menggambarkan dengan jelas apa yang akan mereka dapatkan, apakah itu berupa informasi berharga, diskon eksklusif, atau solusi untuk masalah yang mereka hadapi.

4. Rencanakan Penyebaran Landing Page

Pertimbangkan di mana dan kapan landing page ini akan digunakan. Apakah Anda akan mempromosikannya melalui iklan online, media sosial, atau kampanye email? Apakah ada batasan waktu tertentu atau peristiwa khusus yang berkaitan dengan halaman ini? Rencanakan strategi distribusi yang baik agar landing page Anda dapat mencapai audiens yang relevan.

5. Desain dan Konten yang Memikat

Ini adalah bagian yang sering menjadi fokus utama dalam pembuatan landing page yang efektif. Desain dan konten harus secara kuat mendukung pesan Anda dan mudah dipahami oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa panduan penting:

a. Headline yang Menarik

Gunakan headline yang menarik perhatian pengunjung segera setelah mereka tiba di landing page Anda. Headline harus singkat, jelas, dan relevan dengan tujuan Anda.

b. Teks dan Isi yang Relevan

Pastikan teks dan konten lainnya di halaman sesuai dengan pesan Anda dan mampu menjelaskan manfaat yang akan diperoleh oleh pengunjung. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

c. Gambar dan Video yang Mendukung

Gambar dan video bisa menjadi alat yang sangat efektif dalam menjelaskan produk atau layanan Anda. Pastikan mereka relevan, berkualitas tinggi, dan tidak memperlambat waktu muat halaman.

d. Call-to-Action (CTA) yang Jelas

CTA adalah elemen terpenting dalam sebuah landing page. Pastikan CTA Anda menonjol dan jelas terlihat. Gunakan kata-kata yang menginspirasi tindakan, seperti “Beli Sekarang,” “Daftar Sekarang,” atau “Unduh Panduan Gratis.”

e. Formulir yang Sederhana

Jika Anda mengumpulkan informasi kontak, pastikan formulir yang digunakan sederhana dan tidak meminta terlalu banyak informasi sekaligus. Hanya minta informasi yang benar-benar diperlukan.

f. Testimoni dan Bukti Sosial

Jika memungkinkan, tambahkan testimoni dari pelanggan yang puas atau bukti sosial lainnya yang dapat memperkuat klaim Anda dan membangun kepercayaan.

6. Bagaimana Mengukur Kesuksesan Landing Page Anda

Langkah terakhir adalah merencanakan cara untuk mengukur kesuksesan landing page Anda. Apakah itu melalui jumlah konversi, tingkat klik, atau metrik lainnya? Pastikan Anda menggunakan alat analitik web yang tepat untuk melacak kinerja landing page Anda. Selanjutnya, lakukan perbaikan dan pengoptimalan berdasarkan data yang Anda peroleh.

Baca Juga 30 Alasan Beriklan Harus Menggunakan Landing Page

7 Tips faktor pertimbangan yang menjadikan landing page lebih efisien

1. Mobile Responsive

Dengan lebih banyak orang mengakses internet melalui perangkat mobile, pastikan landing page Anda responsif dan dapat dengan baik diakses melalui smartphone dan tablet. Pastikan tampilannya tetap menarik dan fungsional pada berbagai ukuran layar.

2. Kecepatan Loading Halaman

Kecepatan muat halaman sangat penting. Jika halaman Anda lambat, pengunjung mungkin meninggalkannya sebelum halaman sepenuhnya dimuat. Pastikan gambar dan elemen media lainnya dioptimalkan untuk kecepatan.

3. Keamanan dan Privasi

Jika Anda mengumpulkan informasi pribadi pengunjung, pastikan landing page Anda memenuhi standar keamanan dan privasi. Sertifikat SSL adalah suatu keharusan untuk memastikan data pengunjung aman.

4. Navigasi menu

Meskipun landing page biasanya tidak memiliki menu navigasi lengkap, pertimbangkan untuk menyertakan tautan penting yang masih relevan. Ini dapat membantu pengunjung dalam menavigasi ke bagian lain situs Anda setelah mereka selesai berinteraksi dengan landing page.

5. Scarcity 

Jika memungkinkan, gunakan elemen urgensi dalam landing page Anda. Misalnya, tawarkan penawaran khusus dengan batasan waktu tertentu atau berikan peringatan tentang ketersediaan produk yang terbatas. Hal ini dapat mendorong pengunjung untuk segera mengambil tindakan.

6. Simplicity

Pertahankan desain landing page Anda sesederhana mungkin. Terlalu banyak elemen atau gangguan dapat membingungkan pengunjung dan mengalihkan perhatian dari pesan utama dan CTA Anda.

7. Branding yang konsisten

Pastikan bahwa desain, warna, dan gaya landing page Anda konsisten dengan merek Anda. Konsistensi merek menciptakan rasa kepercayaan dan pengenalan merek yang kuat.

Jasa Landing Page Solo Toekang Digital

Kesimpulan

Dengan mengikuti semua tips ini, Anda dapat membuat struktur landing page yang lebih efektif dan berpotensi menghasilkan hasil yang lebih baik bagi bisnis Anda.

Ingatlah untuk selalu fokus pada pengalaman pengunjung, memahami kebutuhan audiens Anda, dan mengukur kinerja untuk terus melakukan perbaikan. Semoga artikel ini memberikan panduan yang berguna dalam mengembangkan landing page yang sukses!

Referensi : https://backlinko.com/landing-page-guide 

 

Butuh Bantuan?

Kami tahu mencoba dan menggunakan layanan baru itu sangat mengkhawatirkan, itu sebabnya kami memberikan layanan terbaik 100% bebas resiko untuk kamu dan bisnis kamu
 

toekangdigital.com by PT Toekang Digital Indonesia telah terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM sebagai penyedia layanan dan jasa pembuatan aplikasi, desain, sistem informasi, software, website, pengadaan barang – barang teknologi informasi dan bidang teknologi informasi lainnya. toekangdigital.com juga merupakan partner teknologi informasi untuk perorangan, perusahaan sekala nasional hingga multinasional yang berpengalaman dan profesional.

Syarat dan Ketentuan | Kebijakan Privasi

 

2022 ©   PT Toekang Digital Indonesia